Cara Memuat Cover Highlight Instagram Judul Sorotan IG Keren Terbaru

Rate this post

Cara Membuat Judul Sorotan IG Edit Sampul Sorotan Instagram, setelah mengikuti tutorial diatas sekarang anda bisa mempercantik profile instagram anda dengan sorotan yang sudah menggunakan cover. – Instagram secara default memasang cover Highlight dari Story yang pertama diposting. Tapi bukan berarti kamu tidak mengubahnya, bahkan bisa membuat tampilannya lebih menarik.

Highlights (sorotan) Instagram adalah salah satu fitur pada Story Instagram yang mampu membuat eksistensinya mencapai lebih dari 24 jam setelah masa tayangnya berakhir.

Kita dapat memilih salah satu maupun beberapa Story yang hendak dibuat permanen sebagai Highlights supaya followers ataupun pengunjung akun dapat melihat kembali Story lampau yang sudah tidak bisa dilihat kembali.

Mengapa perlu di-highlight? Sebab, cara tersebut dinilai mampu meningkatkan interaksi dengan pengunjung apalagi kalau kita berjualan, ingin menginformasikan hal penting, menjawab pertanyaan Q&A, atau sekadar berbagi cerita kuliner dan perjalanan wisata. Satu lagi, pada fitur ini kita bisa menambah, mengurangi, menghapus, maupun mengganti judul bahkan cover-nya. Cara menggunakannya pun pada dasarnya masih sama seperti fitur Story, hanya saja kita tidak bisa lagi melihat daftar viewers beserta jumlahnya yang mengeklik Highlights Instagram tersebut.

Tahun 2017 lalu, Instagram meluncurkan fitur highlights atau sorotan untuk Instagram Stores. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menyimpan Instagram Stories sehingga bisa dilihat tanpa batas waktu 24 jam oleh follower.

Umumnya, para pengguna Instagram memanfaatkan fitur highlight Instagram untuk menyimpan konten Instagram Stories yang dianggap penting. Tujuannya tak lain agar mudah untuk dilihat berulang kali.

Cara Edit Sampul Sorotan Instagram

Cara Memuat Cover Highlight Instagram Judul Sorotan IG Keren Terbaru

Instagram merilis fitur baru yang memungkinkan penggunanya menyimpan postingan stories. Unggahan di Instagram Stories memang hanya bisa dilihat dalam waktu 24 jam, namun terkadang ada momen yang sayang jika harus hilang begitu saja.

Ada dua fitur yang yang baru diperkenalkan Instagram, yakni Stories Highlights dan Stories Archive. Dengan meng-update aplikasi ke versi terbaru melalui App Store atau Play Store, pengguna iOS dan Android sudah bisa mencoba fitur ini.

Dengan fitur Stories Highlights, pengguna bisa merangkum beberapa video lalu dijadikan dalam satu cuplikan. Penempatan fitur ini berada di antara profil dan postingan foto pengguna. Tampilannya sama seperti Instagram Stories di halaman utama dengan bentuk lingkaran. Bedanya, Stories Highlights bisa lebih lama tampil di halaman profil pengguna hingga lebih dari 24 jam selama pengguna menginginkan video tersebut ditampilkan.

Tidak hanya konten yang baru dibuat, Stories yang sudah diunggah dalam waktu lama juga bisa dikurasi ke highlights asalkan tersimpan di fitur arsip.

Berikut ini cara memasukkan konten dari Instagram Stories ke highlights,

Membuat Highlight Instagram dari Story Instagram

Instagram adalah media sosial yang sangat populer pada jaman sekarang. Kenggulan dari instagram sendiri adalah untuk membuat instastory, melihat video atau foto, bisa chatan atau biasa di sebut dengan DM (Direct Mesagge). 

Kita bisa membuat Highlight Instagram dari Story Instagram yang sudah berlalu dengan cara melihat atau mengeklik archive (arsip) Instagram, yakni sebuah tempat penyimpanan konten atau postingan, baik feeds maupun stories. Biasanya, fitur penyimpanan ke archive sudah aktif secara otomatis. Namun, jika belum/ingin mengeceknya, kita bisa klik beranda (home) lalu geser ke kiri atau mengeklik foto profil atau “Your Story”. Kita juga bisa memeriksanya melalui laman profil dan mengeklik tanda “+” dan “Story”

Cara membuatnya pun mudah, masuk ke halaman profil lalu klik ikon tanda tambah di posisi kiri, kemudian pilih beberapa video Stories. Setelah itu pengguna diharuskan memberikan nama pada Stories Highlights dan memilih cover yang ingin ditampilkan. Jika ingin mengedit atau menghapus cukup tekan lama Stories tersebut maka muncul pilihan yang diinginkan.

Intinya, dengan fitur ini pengguna bisa menyimpan Stories favorit dan tetap menayangkannya di halaman profil tanpa adanya batasan waktu. Stories Highlihgts pun bisa dilihat oleh pengguna Instagram lainnya dengan mengunjungi profil dan sebaliknya kita bisa melihat Stories Highlight orang lain.

Cara pertama untuk membuat sorotan instagram adalah dari instagram story yang masih ada, atau belum 24 jam dari saat mengirim. Sorotan semacam ini sebenarnya lebih bermanfaat jika kamu terlalu sering membuat instagram story. Sehingga agar orang lain tidak perlu melihat semua instagram storymu, masukkan yang penting ke sorotan instagram story.

  • Buka aplikasi Instagram
  • Klik Instagram story

Buka instagram story melalui beranda instagram maupun dari profil. Jika kamu memiliki banyak instagram story, maka pilih mana yang akan dijadikan sorotan.

  • Klik ‘Highlights’ atau ‘Sorot’

Setelah menemukan instagram story yang tepat, kemudian ada pojok kanan bawah klik ‘sorot’ atau ‘highlights’ tergantung bahasa smartphone. Jika warna story kamu putih memang tidak terlalu kelihatan karena warna tulisan juga putih.

  • Edit Judul untuk memberikan informasi tentang apa sorotan tersebut

Kamu bisa langsung mengetik tanpa klik apapun, maka Judul nanti akan langsung mengganti kata ‘Sorotan’.

  • Klik ‘Add’ atau ‘Tambahkan’

Selesai, kamu sudah berhasil membuat satu sorotan. Namun sorotan ini baru berisi satu instagram story saja. Kamu bisa menuju instagram story selanjutnya lalu melakukan langkah yang sama. Tetapi pada langkah ‘d’ kamu bisa menambahkan ke sorotan yang sudah ada.

Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Banyak sekali fitur menarik yang ada di instagram dan bisa anda gunakan. Salah satunya yaitu Highlight atau sorotan. Setiap Insta stories yang anda buat mau itu berupa foto atau video yang anda upload akan hilang dalam 24 jam.

Supaya follower anda bisa tetap melihat insta stories tersebut anda bisa membuatnya menjadi Highlight atau sorotan. Highlight akan muncul di profile anda dan berbentuk lingkaran, dalam satu Highlight anda bisa menyimpan banyak foto atau video.

Biasanya orang yang menggunakan Highlight akan membuatnya menjadi beberapa kelompok dan biasanya pengelompokkannya berdasarkan kegiatan seperti olahraga, sekolah dan lainnya.

Untuk mempercantik Highlight biasanya akan diberi cover, nah cover biasanya bergambar icon atau gambar lainnya yang menunjukkan tentang Highlight tersebut. Jika anda ingin mempercantik Highlight dengan sampul anda bisa ikuti tutorial Edit sampul Highlight instagram berikut ini.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat sampul Highlight menjadi cantik dan menarik. Anda bisa menggunakan aplikasi editing di android atau menggunakan template yang sudah ada.

Untuk tutorial ini akan membuat cover Highlight menggunakan aplikasi editing dari Playstore.

Membuat Cover Hightlight Instagram Dengan Canva

Canva merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk editing foto dan design. Banyak sekali pilihan design dan salah satunya anda bisa membuat cover untuk Sorotan.

  1. Silahkan Install Canva di Playstore atau bisa akses melalui browser di Canva.com, saya merekomendasikan menggunakan aplikasi di smartphone supaya mudah saat menyimpan dan melakukan Upload ke instagram.
  2. Buka aplikasi canva, selanjutnya silahkan login. Jika belum punya akun silahkan Register.
  3. Jika sudah login buat lembar kerja baru dengan mengklik Gunakan Dimensi Khusus yang berada di kanan atas dan masukkan ukuran 1080 x 1920 pixel dan tekan tombol Desain.
  4. Selanjutnya tentukan warna background yang anda inginkan.
  5. Tambahkan icon dengan menklik tombol Elemen pada bagian kiri. Silahkan scroll kebawah untuk menemukan menu icon. Silahkan pilih icon yang ingin anda gunakan di highlight anda, pastikan sesuai dengan kategori highlight anda, selain itu juga bisa mengatur warna dan ukuran dari icon tersebut.
  6. Jika sudah selesai silahkan unduh cover yang sudah anda buat tadi. Tekan saja Unduh pada bagian atas.

Membuat Cover Sorotan Instagram Dengan Photolayers

Jika dirasa aplikasi Canva sebelumnya kurang menarik dan susah digunakan, anda bisa menggunakan aplikasi Photolayers. Aplikasi ini tersedia secara gratis di playstore. Untuk cara membuat cover sorotan menggunakan Photolayers ikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama install aplikasi Photolayers dari Playstore.
  2. Jika sudah selesai install, buka aplikasi dan tekan Load A backround Image untuk membuat lembar kerja baru.
  3. Selanjutnya tambahkan foto dengan menekan tombol Add Photo
  4. Anda bisa menambahkan foto, icon atau simbol yang ingin anda gunakan pada sorotan instagram anda. untuk mendownload icon bisa cari di Flaticon.com atau search di google dengan Keywoard Free Icon. Selanjutnya tinggal menyesuaikan ukuran dari icon tersebut.
  5. Jika sudah selesai tekan tombol Save pada bagian atas dan tekan Finish.

Cara Upload Cover Highlight Instagram

Pada tahap sebelumnya anda telah membuat cover atau sampul untuk sorotan atau highlight instagram, sekarang anda bisa langsung menguploadnya ke instagram. caranya sebagai berikut :

  1. Buka Instagram
  2. Selanjutnya tekan icon kamera untuk membuat insta stories
  3. Pilih sampul highlight yang telah anda buat tadi
  4. Anda bisa mengupload langsung dengan cara tekan Close Friends, pastikan kamu tidak memiliki list teman di Close Friends, cara ini supaya nantinya sampul sorotan yang anda buat tadi hanya terlihat sebagai cover saja.
  5. Selanjutnya buka kembali sampul sorotan yang telah anda upload tadi dan Add to Highlight, selanjutnya bikin sampul yang anda buat tadi sebagai cover dan tambahkan Judul.
  6. Terakhir klik Done.

Mau coba pakai aplikasi ini untuk buat cover highlight tapi pasti langkah-langkahnya tidak sama persis dengan menggunakan Adobe spark. Apalagi selama ini saya kalau pakai Canva tahunya edit desain yang sudah jadi doang, bikin desain baru belum pernah.
Well, saya coba googling dan cari cara lain untuk membuat cover highlight instagram. Akhirnya ketemu tutorial buat cover yang lebih simple di youtube.  Cara buatnya ini tidak menggunakan aplikasi Adobe Spark maupun Canva, pakainya aplikasi PhotoLayers.
Saya ingat saya pernah pakai aplikasi ini untuk buat background transparan, meski aplikasinya sempat saya unisntall.  Nah, karena kapasitas datanya juga nggak terlalu besar dibanding aplikasi edit foto seperti Adobe spark sehingga saya lebih memilih menginstal kembali aplikasi PhotoLayers

Tinggalkan komentar