8 Elemen yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Nama Domain

Nama domain Anda bukan hanya interaksi awal pelanggan dengan merek Anda. Ini adalah kesempatan pertama Anda untuk menceritakan sebuah kisah tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda harus berarti bagi pelanggan Anda. Di dunia yang semakin digital, cerita itu adalah segalanya.
Buat domain yang mudah diingat

Berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat Anda memilih nama domain deskriptif.

1. Jadikan itu mudah diingat

Nama domain Anda adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan abadi. Pelanggan yang mengunjungi situs web Anda untuk pertama kalinya harus memiliki pemahaman tentang siapa Anda. Pertama, apa merek atau nama perusahaan Anda? Ini adalah domain tingkat kedua (SLD), atau yang ada sebelum titik di domain Anda. Langkah selanjutnya adalah menentukan kategori apa yang diisi merek Anda, atau dikenal sebagai “apa” Anda. Apa yang perusahaanmu lakukan? Anda tergabung dalam komunitas apa? TLD, atau kata setelah titik, semakin banyak menjawab pertanyaan ini.
Ambil perusahaan colombia.travel sebagai contoh. Bahkan sebelum Anda melihat situs webnya, Anda memiliki wawasan tentang siapa perusahaan itu: perusahaan yang berhubungan dengan perjalanan, yang ditunjukkan dengan ekstensi domain .travel, yang membantu orang merencanakan perjalanan ke Kolombia. Dalam dua kata sederhana, ini mencapai branding dan storytelling instan.

2. Jangan kompromi

Menceritakan kisah unik merek Anda secara ringkas tidak harus berarti mengorbankan detail pembeda. Domain Anda harus seunik dan tanpa kompromi seperti nama bisnis Anda. Bagi banyak perusahaan, mungkin sulit untuk mengamankan nama domain yang ideal tanpa pengorbanan, mengingat begitu banyak ekstensi domain lawas yang telah diambil.
Ketika DripKit Coffee menyadari bahwa ia harus mengkompromikan nama mereknya karena alasan ini, ia menemukan solusi baru. Alih-alih mengubah nama untuk beradaptasi dengan ekstensi domain lama yang terbatas, ia mengadopsi ekstensi baru: .coffee. Nama domain barunya, dripkit.coffee, menceritakan kisah merek dengan manfaat tambahan kata kunci deskriptif.

3. Sertakan kata kunci

Dalam lanskap digital yang kompetitif, kata kunci adalah kunci untuk membangun domain yang relevan. Sementara banyak perusahaan memfokuskan upaya kata kunci mereka pada penulisan blog, Anda dapat memulai lebih cepat dengan memasukkan kata kunci SEO yang ingin Anda rangking dalam domain Anda.
Misalnya, nama domain SEO.services sudah memiliki fitur pencarian kata kunci populer: layanan SEO. Strategi ini menempatkannya di depan pesaing dengan kata kunci yang sangat relevan yang dimasukkan ke dalam domainnya.

4. Jangan lewatkan peluang SEO

Dalam napas yang sama, penting untuk memikirkan bagaimana audiens Anda mencari produk atau layanan yang Anda berikan. Jika nama domain Anda bertele-tele, panjang, atau menyesatkan, pelanggan baru cenderung tidak akan menemukan Anda.
Pencarian nama domain.wine menggunakan strategi ini dengan menampilkan kata kunci yang juga merupakan istilah pencarian populer. “Di mana menemukan anggur” atau “menemukan anggur di dekat saya” adalah frasa pencarian populer yang sudah ada di domain ini. Ini juga menunjukkan merek yang selaras dengan pelanggannya.

5. Tetap singkat

Pernahkah Anda membaca artikel yang bertele-tele atau menonton video Youtube yang tidak langsung ke intinya, sehingga Anda akhirnya pergi ke tempat lain? Hal yang sama dapat terjadi pada domain Anda. Domain yang panjang, bertele-tele, atau berisi tanda hubung sulit dibaca dan alat pencitraan merek yang kurang kuat.
Domain deskriptif, di sisi lain, pendek, berbeda dan mudah diingat. Salah satu cara agar domain Anda tetap pendek namun deskriptif adalah dengan menyimpan karakter dengan memindahkan kata ke kanan titik. Misalnya, banyak perusahaan yang menggunakan ekstensi domain baru yang memadukan nama dan ekstensi mereka, seperti io.games . Segera, pelanggan tahu di mana mereka dapat menemukan game io.

6. Jangan ambigu atau kabur

Meskipun memicu intrik tentang perusahaan Anda dapat bermanfaat, penting untuk menghindari ambiguitas atau ketidakjelasan. Nama domain Anda adalah kesempatan untuk memperluas merek Anda dan membagikan siapa Anda — bukan membuat pelanggan mempertanyakan siapa Anda.
Gunakan real estat domain untuk memperluas pencitraan merek Anda dan memberi tahu pelanggan baru tentang diri Anda, seperti halnya positive.news . Misinya langsung terlihat, yaitu menyebarkan hal-hal positif dengan membagikan kabar baik. Ada kekuatan dalam kesederhanaan domain yang jelas dan langsung ini.

7. Periksa ejaan Anda

Domain Anda juga merupakan peluang untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda. Untuk pengunjung pertama kali, kesalahan ejaan dalam nama domain Anda bisa menjadi alasan mereka tidak kembali. Domain yang salah eja juga dapat menimbulkan ancaman keamanan bagi audiens Anda — jadi pastikan untuk memeriksa ulang sebelum membuat pilihan ini.

8. Jangan menjadi rentan

Keamanan siber tidak pernah sepenting ini — dan ini juga berlaku untuk memilih nama domain Anda. Saat memutuskan nama domain yang tepat untuk merek Anda, lakukan riset untuk memastikan ekstensi yang Anda pilih bebas dari kerentanan keamanan.
Tampil menonjol di antara pesaing dengan nama domain yang kuat dan unik yang menggambarkan siapa Anda pada pandangan pertama. Jelajahi nama domain yang lebih deskriptif — dan buka dunia dengan kemungkinan tak terlupakan untuk merek atau bisnis Anda.
Sumber : entrepreneur.com